VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN IKU

 

VISI DAN MISI

             Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan (Pasal 1 ayat (12) UU No. 25 Tahun 2004). Visi harus menggambarkan bagaimana wujud akhir yang diinginkan oleh suatu daerah/organisasi pada akhir periode perencanaan. Visi memegang peranan penting dalam menentukan ke mana arah yang akan dituju oleh suatu daerah/organisasi pada masa mendatang. Peran Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan Kabupaten Serang diarahkan untuk mendukung pencapaian visi dan misi daerah Kabupaten Serang pada urusan urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Visi pembangunan Kabupaten Serang Tahun 2016-2021 adalah  sebagai berikut :

 

” TERWUJUDNYA KABUPATEN SERANG YANG MAJU, SEJAHTERA DAN AGAMIS”

 

            Sedangkan Misi pembangunan Kabupaten Serang Tahun 2016 – 2021 adalah sebagai berikut :

1.     Meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial demi terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas, berakhlak mulia dan berbudaya.

2.     Meningkatkan pembangunan sarana prasarana wilayah, penataan ruang dan permukiman yang memadai, berkualitas  dan berwawasan lingkungan.

3.     Meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal dalam memperkuat struktur perekonomian daerah..

4.     Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik serta pelayanan publik yang prima didukung kapasitas birokrasi yang berintegritas, kompeten dan profesional.

5.     Memantapkan fungsi dan peran agama sebagai landasan moral dan spiritual dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan bernegara.

 

Dari keenam misi diatas terdapat 2 (dua) rumusan misi daerah Kabupaten Serang Tahun 2016 – 2021 yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi serta perlu mendapat dukungan dan diimplementasikan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan Kabupaten Serang yaitu meliputi:

 

Misi 2: Meningkatkan pembangunan sarana prasarana wilayah, penataan ruang dan permukiman yang memadai, berkualitas  dan berwawasan lingkungan..

 

 

TUJUAN DAN SASARAN

 

          Dalam rangka pencapaian misi dan visi Kabupaten Serang khususnya yang terkait dengan kewenangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan, tujuan dan sasaran yang akan dicapai disajikan dalam tabel sebagai berikut:

 

MISI

TUJUAN

SASARAN

Misi 2:

Meningkatkan pembangunan sarana prasarana wilayah, penataan ruang dan permukiman yang memadai, berkualitas  dan berwawasan lingkungan.

Meningkatkan pelayanan fasilitas pelayanan dasar,

1.  Meningkatnya kualitas pelayanan fasilitas permukiman

2.  Meningkatnya ketersediaan dan kualitas perumahan dan permukiman yang sehat dan layak huni

 

IKU (INDIKATOR KINERJA UTAMA)

 

Untuk mengukur tujuan dan sasaran, diperlukan indikator kinerja yang terukur dengan perhitungan target dan capaian kinerja atau yang menjadi IKU (Indikator Kinerja Utama) sesuai dengan urusan dan tugas pokok serta fungsi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan, sebagaimana terdapat dalam tabel berikut ini.